MENJADI ENTERPRENEUR YANG SUKSES

Menjadi enterpreneur itu keren tetapi menjadi enterpreneur sukses itu membutuhkan proses yang panjang.Segala sesuatu perlu proses.Memerlukan waktu menuju puncak sukses.

Menjadi enterpreneur sukses memang menjadi impian saya.Kebebasan finansial dan waktu menjadi daya tarik saya merintis bisnis dan berangan angan menjadi pengusaha sukses.

Dahulu waktu muda, saya pengusaha kue bolu kukus selama 20 tahun. Malam hari saya membuat bolu kukus. Pagi subuh saya sudah mengantar bolu kukus ke pasar pasar tradisional.Siang menagih uang kue yang laku.Sore mengayaki gandum, menimbang gula pasir dan gandum sesuai dengan jumlah bolu kukus yang akan dibuat. Saat tengah malam, kendalanya capek dan mengantuk

Dengan bertambahnya usia saya, saya beralih menjadi pengusaha jamur kuping dan jamur tiram. Saya menanam sendiri jamur kuping dan jamur tiram.Akan tetapi jamur tersebut tidak panen setiap hari. Tapi saya memanennya tiga hari sekali.Banyak kendala yang saya rasakan yaitu cuaca yang sangat panas bila tidak disiram 6 kali lebih jamur tersebut akan rusak.Karena kondisi jamur harus tetap dalam keadaan lembab.  Apalagi saya sambil menunggui Orangtua saya yang sedang sakit keras.

Sambil menunggui orangtua saya yang sakit keras, saya ikut pelatihan membuat batik tulis di kelurahan selama 4 hari.Tetapi saya tidak bisa menyelesaikan pelatihan tersebut dikarenakan IBU saya meninggal dunia.Saya hanya sempat mempelajari cara mewarnai batik dan cara membatik.Kendala saya karena waktu itu saya alergi dengan salah satu ramuan obat batik dan penyelesaiannya lama, butuh waktu 3 bulan untuk menyelesaikan  1 lembar kain batik siap jual.

Kemudian saya belajar autodidak membuat kain jumputan, kain shibori jepang dan kain ecoprint. Meski banyak rintangan yang saya hadapi saya tetap semangat karena saya menemukan passion saya di dunia fashion.Kendala yang saya hadapi tidak seberat waktu bisnis kue dan jamur karena bolu dan jamur produk kuliner jadi tidak awet.

Saya menikmati proses saat saya bisnis di dunia fashion karena memang proses itu harus saya lalui karena saya yakin dengan bisnis saya sekarang ini

Saya mengikuti diklat pengembangan usaha kreatif bagi pengusaha wanita berskala mikro angkatan 2 se DIY di Hotel Grage Yogyakarta tanggal 10 September 2018 sampai tanggal 14 September 2018 yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UMKM DIY.Meski waktu itu saya masih menggunakan sepeda mini saya jalani dengan semangat. Hujan dan panas pantang menyerah.

Kemudian saya mengurus surat izin usaha mikro pada tanggal 24 September 2018.Dan mendaftar sebagai mitra PLUT Jogja.

Kemudian saya mengikuti pelatihan pelatihan yang diadakan oleh Dinas Koperasi dan UMKM.Meski jarak jauh saya menggunakan sepeda karena saya belum mengenal aplikasi Gojek.Dengan berjalannya waktu dan tambah teman saya baru mengenal aplikasi gojek.Saya jalani karena saya harus menambah skill sebagai investasi ilmu.

Dengan tambahnya ilmu, waktu saya mengikuti pelatihan kemudian saya belajar membuat website, google map, website UMKM, instagram dan facebook.

Website saya http://galeriatin.blogspot.com/?m=1
Google map saya https://goo.gl/maps/EonUVr5D9vK2
website portal umkm https://umkmjogja.id/UMKM/galeri-atin/
Facebook saya Mehartin
Instagram saya mehartin5

Pada tanggal 1 November 2018 saya ikut seminar di STIE YKPN tentang digital oleh Ibu GKR Hemas
.
Pada tanggal 13 November 2018 saya mengikuti Talkshow di JogjaTV dengan tema PLUT-KUMKM DIY sebagai rumah UMKM bersama Ibu Ir.Srie Nurkyatsiwi M.MA. Beliau Kepala Dinas Koperasi dan UMKM

Saya mengikuti pameran di Jogja City Mall 5 hari pada bulan Desember 2018

Semenjak saya menjadi mitra PLUT KUMKM DIY, saya mengubah mindset saya:
1.Segala sesuatu itu memang perlu proses dan perlu waktu menuju puncak sukses. Menikmati proses dan jangan menyerah.
2.Belajar menambah skill
3.Siap dan berani gagal karena kegagalan adalah sukses yang tertunda.Kerjakan yang terbaik hasil yang baik pasti akan datang
4.Inovasi baru pasti akan menambah nilai.
5.Kreatif dan imajinatif saat melihat sebuah peluang.Mengubah barang biasa menjadi barang yang luar biasa
6.Update menurut perkembangan jaman dan selalu belajar

Saya selalu ingat teori Candra Liang, memang benar bisnis itu dimulai dari 3 hal MINDSET POSITIF, PASSION dan ACTION.

Maka agar kita bisa menjadi enterpreneur yang sukses kita harus mempunyai mindset positif.Yakin dan semangat perjuangkan.Bersemangat karena bisnis yang sukses membutuhkan kerja keras dan perjuangan tiada henti karena bisnis penuh tantangan dan liku liku

Kita harus mempunyai rancangan bisnis karena bisnis dunia dinamis harus bisa berpikir dinamis dan terus inovasi

Pantang menyerah. Saya melewati fase bisnis yang serba sulit yang sangat menguras tenaga dan pikiran saya

Yang penting kita mempunyai jiwa enterpreneurship jadi melihat masalah sebagai peluang usaha, mencipta solusi dan menciptakan bisnis.

Belajar dari apapun, siapapun dan kapanpun.

Tidak membuang waktu percuma dan tidak menunda pekerjaan

Tidak malu meminta bantuan dan bertanya pada siapapun

Menyenangi bisnis yang dilakukan.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

GELAR PRODUK CRAFT dan FASHION ISTIMEWA

Keunikan kain ecoprint daun jati asli